Beberapa Perbedaan Aqiqah dan Qurban yang Mesti Anda Ketahui!

Di antara sekian banyak ibadah sunah yang direkomendasikan untuk dikerjakan, terdapat dua ibadah yang mempunyai kesamaan, merupakan aqiqah serta qurban. Orang yang memiliki kecakapan atau mantap secara finansial bisa melakukan kedua ibadah sunah ini kalau mau menggapai pahala dan kebermanfaatan yang besar dari Allah Ta’ala. Meski keduanya sama-sama sunah utama, namun terdapat beberapa perbedaan aqiqah dan qurban.

Ya, meskipun jelas ibadah aqiqah serta qurban ini ketetapannya tidak sama. Beberapa orang masih merasa kebingungan membedakannya. Oleh karena itu, ayo kita simak beberapa perbedaan aqiqah serta qurban yang patut kamu ketahui! Cek juga info seputar akikah Depok.

Pemberian Daging
Daging qurban boleh dibagikan sepertiganya untuk saudara atau kerabat, sepertiga komponen fakir miskin, sisanya barulah disantap sendiri. Nah, artinya terdapat tiga golongan yang berhak atas daging qurban tersebut.

Sementara untuk hewan sembelihan aqiqah, boleh dibagikan kepada siapa saja. Betapa pantasnya mendahulukan warga sekitar atau tetangga. Karena pembagian daging aqiqah terhadap orang-orang terdekat bisa memperkokoh tali silaturahmi. Para tetangga akan lebih mengenal Anda juga putra-putri Anda.

Tujuan Proses Ibadah
Apa tujuan Anda melaksanakan ibadah qurban? Jawabannya tentu ingin meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim AS atau sebagai peringatan atas pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang luar awam. Sementara aqiqah itu berbeda. Tujuan digelarnya acara ini semata-mata merupakan sebagai format syukur terhadap Namun Maha Kuasa atas karunia tidak ternilai adalah buah hati terkasih.

Waktu
Ibadah qurban dapat dijalankan tiap tahun yakni bulan Dzulhijjah, dengan catatan tidak memberatkan atau Anda merasa mampu untuk membeli hewan ternak. Lain halnya dengan aqiqah yang dijalankan sekali seumur hidup. Paling tepat pada tujuh hari setelah kelahiran buah hati. Direkomendasikan kalau belum sanggup, boleh pada hari ke-14 atau 21, dan kalau masih juga tak cakap di ketiga waktu hal yang demikian, orang tua boleh meng-aqiqah buah hati kapan saja. Variasi sebelum buah hati baligh. Jadi jelas sudah bahwa adaa perbedaan waktu antara keduanya.

Binatang Format dan Dikala Daging
Kecuali hendak melakukan ibadah qurban, Anda tentu akan mencari binatang terbaik. Di antara sebagian macam hewan, yang tergolong binatang qurban di antaranya ialah sapi, kambing, domba, kerbau, hingga unta. Seandainya itu, binatang qurban juga dibagikan dalam situasi mentah.

Untuk aqiqah, macam binatang yang diaplikasikan hanya kambing saja. Nah, kambing ini tak kamu berikan dalam keadaan mentah, melainkan semestinya telah diolah jadi sajian menggugah selera semisal, sate atau gulai. Sentra Anda merasa repot dengan semua persiapan aqiqah bagi si kecil, Anda bisa mengontak jasa aqiqah seperti Hewan Aqiqah Nusantara yang melayani aqiqah untuk kawasan Bandung serta Kebumen. jasa aqiqah akan berprofesi secara profesional dalam menyiapkan semua kebutuhan aqiqah buah hati Anda.

Jumlah Bentuk serta Binatang
Format qurban biasanya berjumlah satu ekor atau lebih, tergantung dari kecakapan masing-masing orang. Dalam ibadah yang dijalankan pada bulan Zulhijjah ini, seseorang tak diperkenankan mengambil bayaran menyembelih.

Sementara aqiqah bayi ketetapannya merupakan dua ekor untuk anak lelaki serta seekor bagi perempuan. Di prosesi aqiqah ini diperkenankan mengambil bayaran menyembelih.

sebagian perbedaan aqiqah serta qurban yang semestinya Anda ketahui. Semoga tidak ada lagi salah paham mengenai dua ibadah sunah utama tersebut.